0

"Masa Remaja", Apaan Sih?

Posted by Nilam on 11:06 AM in
Lo pernah nggak, nyoba nerjemahkan istilah "Masa Remaja?" Ya... istilah yang sedang lo jalanin sekarang ini! Gue yakin lo nggak pernah memikirkannya! Namun yang sering lo lakuin hanya ngejalaninnya, enjoy dengannya. Tanpa peduli memahami maknanya.


Konon, katanya, masa remaja bisa dibilang masa yang paling indah. Banyak kenangan yang susah dilupakan, baik suka maupun duka. Saking indahnya, kadang yang tua-tua pun merasakan desakan rindu untuk kembali ke masa muda. Bahkan, kalau Tuhan mengizinkan, kaum tua ingin selamanya menjadi muda tanpa mengalami masa tua.

Kalau lo sedikit mau mencari hal-hal yang baru, yaitu makna dari remaja, selain yang di kemukakan tadi, sebenarnya ada makna lain. Menurut bahasa, kata "Remaja" itu memiliki kepanjangan.


Lo bisa liat kepanjangan kata R-E-M-A-J-A berikut ini :

R (Romantika Kehidupan)
Lo diartikan sebagai salah satu bagian dalam kehidupan manusia pada umumnya. Masa lo merupakan saat yang paling indah dan penuh dengan romantika kehidupan. Lo akan menemukan hal-hal manis, yang sebelumnya nggak pernah lo rasakan. Bukan hanya manis, pahit pun akan lo rasakan. Pokoknya, sesuatu yang penuh dengan gejolak dan intrik, tumplek semua pada usia segitu.

E (Emosinya Labil)
Kebanyakn dari lo atau seusia lo, biasanya belum mampu mengendalikan emosi secara baik. Lo masih mudah terpancing atau gampang tersinggung oleh hal-hal sepele. Karena emosinya belum stabil, akhirnya suka terjadi perkelahian atau tawuran. Mengingat masalah yang satu ini sudah melebihi energi atau tenaga batas normalnya, emosi lo harus disalurkan pada hal positif. Maka, aturlah emosi lo agar frekuensinya berjalan normal!

M (Merdeka dalam Menjalani Kehidupan)
Merdeka dalam menjalani hidup! Itulah yang menjadi impian lo ketika lo sudah nggak tahan untuk segera masuk pada masa dewasa. Sebelum masa itu, lo kewalahan menerima gempuran dan pembatasan ruang gerak dari mereka yang merasa lebih tua atau dewasa daripada lo.
Begitu waktunya tiba, lo seperti terlepas dari ikatan dan kurungan. Lo berjingkrak dan lari bebas ke sana kemari. Setidaknya, lo mendeklarasikan bahwa gue ini bebas... lepas... terbang... jauh... Nggak kebayang, bagaimana susahnya setelah masa kebebasan ini.
Jelasnya, pada masa ini, lo udah nggak bergantung pada ortu lagi (dalam hal-hal tertentu), dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya, maksudnya, masa kanak-kanak lo! Misalnya, lo bebas pergi ke suatu tempat tanpa diantar ortu. Dengan kata lain, lo sudah bisa memilih dan menentukan jalan hidup sendiri.

A (Angan-angannya Tinggi)
Lo pasti mempunyai angan-angan, harapan, atau cita-cita yang tinggi. Cita-cita ini penting dimiliki agar tujuan hidup lo jelas. Dengan demikian, angan-angan atau harapan lo dapat memberikan arah, apa yang harus lo lakuin atau apa yang mesti lo hindari.
Lebih pasnya, ketika lo punya angan-angan, lo akan tahu apa yang mesti dipersiapkan dalam menjemput impian lo itu. Akan tetapi, dalam menemukan impian atau cita-cita, lo harus menyesuaikan dengan potensi, bakat, dan kemampuan yang ada dalam diri lo.

J (Jembatan Menuju Kedewasaan)
Lo itu merupakan jembatan menuju kedewasaan penuh. lo sedang mengalami masa-masa transisi dari kanak-kanak menuju dewasa. Secara fisik, nggak remaja lagi, tetapi secara psikologis, belum dewasa atau belum mandiri. Pada masa ini, lo sedang mencari identitas diri. "Gue in siapa?" Keberhasilan lo dalam menyelesaikan tugas melewati jembatan ini, akan memengaruhi kesuksesan lo di kemudian hari.

A (Asa atau Harapan Bangsa)
Suatu saat nanti, lo pasti akan diminta tanggung jawab atas perbuatan atau keputusan yang berkaitan dengan keluarga ataupun orang lain. Jangan salah, meskipun mereka nggak menuturkannya secara lisan, lo akan merasakan bahwa segala sesuatu yang lo perbuat mesti dipertanggungjawabkan. Lebih terasa lagi, jika lo sudah jauh dari ortu, baik itu meneruskan studi ke luar kota ataupun menikah.
Jadi, lo lah tumpuan harapan ortu. Ke sononya sih, bangsa dan negara lo. Maju mundurnya suatu bangsa dan negara di masa depan. Cieeee.... Nah, lho, lo siap nggak?
Ketika lo menjalani masa muda, tentu nggak selamanya berjalan dengan lancar dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, lo harus pandai membawa diri. lo juga harus mampu memilah dan memilih mana yang benar atau yang salah, atau apa yang mesti dilakukan dan apa yang mesti dihindari.

Ini yang mesti direnungkan, "Masa remaja itu ibarat barang pecah belah. Apabila nggak hati-hati membawanya, bisa jatuh dan mudah pecah."

|

0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Get The Right Information All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.