0

8 Jurus Menembus UN

Posted by Nilam on 8:33 AM in
1. Lupakan sistem kebut semalam
Maksimalkan usaha keras kita dua minggu sebelum hari ujian. Nah, seminggu menjelang Ujian Nasioanl, lebih baik kita rileks dan santai aja. Minggu tenang, gitu lho... Tujuannya supaya otak kita bisa rileks. Ketika otak kita rileks, apa yang sudah kita pelajari akan tertanam lebih kuat di kepala kita. Alias nggak gampang lupa. Justru kalo kita maksain belajar di last minute, biasanya apa yang kita pelajari itu nggak nempel di kepala.

2. Berdoa
Inilah salah satu jurus yang paling ampuh. Jangan lupa berdoa ya. Kita kan cuma bisa berusaha sementara keputusan adanya tetap kepada yang di Atas. So, biar batin lebih mantap dan tenang saat mengerjakan ujian, jangan lupa banyak-banyak berdoa yaa!

3. Siapkan alat tulis
Jadi yang kita persiapkan pun harus lengkap. Pastikan alat tulis kita sudah lengkap. Pulpen, penggaris, pensil 2B, rautan, penghapus, papan alas ujian, semua harus dipastikan sudah masuk tas semalam sebelum menjelang ujian.

4. Ketawa ngakak
Ujian bukan berarti kita harus selalu pasang muka serius. Sebelum saatnya tiba kita untuk masuk ke dalam kelas, coba deh bercanda dulu sama temen-temen. Cerita hal-hal yang lucu dan menarik yang bisa bikin kita ketawa ngakak sepuasnya. Slain bisa menghilangkan rasa panik dan mules, penelitian University of California juga mengatakan, ketawa dengan keras dapat merangsang kerja otak secara positif. Yey!Pasti sukses deh ujiannya.

5. Mungkin sebagian dari kita nggak terlalu terbiasa sarapan, tapi kali ini, khusus buat hari ujian, coba deh usahain mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Misal, kita bisa memilih menu roti gandum, oatmeal, bubur kacang hijau atau tempe. SOalnya, karbohidrat ini berguna untuk memacu hormon serotonin yang bikin pikiran kita jadi rileks. So, yea, breakfast indeed, very important.

6. Cari inspirasi
Pas sudah mulai mengerjakan soal ujian, dan kita merasa pusing mikirin jawaban untuk soal yang susah, usap lingkaran luar telinga kita. Gerakan simple ini bisa bkin otak kita jadi lebih rileks, sehingga mikir pun lebih cepat.

7. Minum teh
Selain sarapan, ada lagi nih, minuman yang berguna buat menunjang performa kita saat ujian. Sebelum berangkat sekolah, sempatkan dulu untuk minum secangkir teh hangat. Penelitian di Inggris membuktikan, teh mampu mengurangi level cortisol (hormon stres) dalam darah.

8. Yoga singkat
Sepuluh menit sebelum ujian mulai, coba cari posisi senyaman mungkin ditempat duduk kita. Lalu lakukan gerakan yoga singkat seperti ini: Lipat kedua tangan (dalam posisi berdoa) ke belakang punggung, lalu tarik bahu dan pundak kita ke belakang. Miringkan kepala ke belakang dan tarik napas dalam-dalam. Yoga singkat ini berguna uat bikin kita lebih tenang dan rileks. 

|

0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Get The Right Information All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.